Fungsi Karbohidrat

  • Sumber Energi

Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi penduduk di seluruh dunia, karena banyakdi dapat di alam dan harganya relatif murah. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebagian karbohidrat di dalam tubuh berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera; sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Seseorang yang memakan karbohidrat dalam jumlah berlebihan akan menjadi gemuk.

  • Pemberi Rasa Manis pada Makanan

Karbohidrat memberi rasa manis pada makanan, khususnya mono dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. Fruktosa adalag gula yang paling manis. Bila tingkat kemanisan sakarosa diberi nilai 1, maka tingkat kemanisan fruktosa adalah 1,7; glukosa 0,7; maltosa 0,4; laktosa 0,2.

  • Penghemat Protein

Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.

  • Pengatur Metabolisme Lemak

Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan bahan-bahan keton berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat. Bahan-bahan ini dibentuk menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. pH cairan menurun. Keadaan ini menimbulkan ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh.

  • Membantu Pengeluaran Feses

Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara emngatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dalam serat makanan mengatur peristaltik usus.

Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi.

Laktosa dalam susu membantu absorpsi kalsium. Laktosa lebih lama tinggal dalam saluran cerna, sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

About these ads

45 Responses to “Fungsi Karbohidrat”

  1. muhazali Says:

    syukur dapat juga maklumat ttg karbohidrat

  2. risma Says:

    thanks beraaaaaaaaatttttttttttt ya…………..

  3. Hidayat07 Says:

    Iya…. Sama-sama,,
    tapi jangan terlalu berat ya,, ntar gk kuat ngangkatnya,,
    hehehe…….

  4. ejamjpadle Says:

    Thankyou bro, lagi butuh buat tugas nih

  5. gadis Says:

    akhirnya…
    dpet jg d blog orang yg sama…
    makasih ya…
    sangat membantu…

  6. hidayat07 Says:

    trima kasih juga untuk teman2 yang mau mengunjungi blog saya yang sederhana ini,,

    mohon dikasi kritik dan sarannya ya…
    Supaya bisa menjadi lebih baik lagi..

  7. laki Says:

    thx a lot,,,lgy mndadak,,,very help me,,,thank you…
    ngmg2 yg d ats itu “menghasilkan 4 kkalori”
    itu mksdnya 4 kilo kalori ya??

  8. ical tanjung Says:

    maturnuwun y kangmas…..
    aq dpt tambahan materi buat buat istriku tersayang,..

  9. minartis09's blog » Blog Archive » Alasan Memilih Kimia Says:

    [...] gula pentosa dan basa purin atau pirimidin sampai makanan yang kita santap setiap harinya seperti karbohidrat, lemak, dan protein merupakan senyawaan kimia. Udara, tanah, bebatuan, tanaman, air dan semua yang [...]

  10. afii Says:

    karbohidrat juga membantu proses pencoklatan agar roti dari proses baking menjadi lebih berwarna :)

  11. rathu Says:

    thanks yah. . ! akhirnya aku bisa nyelesai’in tugas aku . . !

  12. fadmaa Says:

    thankyuuuuuuuuuuu cooyyyyy.

  13. noel Says:

    thankss brooo…

  14. Faisal Says:

    bahan belajr buat uts..hhay

  15. lisa hanani Says:

    salam……………………..

  16. lisa hanani Says:

    krng buat apenie
    ???

  17. ansharie Says:

    thanks bro..
    Lmyan mmbri pngthuan baru

  18. christini Says:

    huu untung aja ada bog ini dpt dech buat tgz ku..
    untung aja klo enggax bisa mati aq bsok..
    thx ya.. :D

  19. Faizal Fajar Says:

    Teriamaksih ya.. :) salam kenal..

  20. Remon Nara Kaha Says:

    Thank’s
    Sangat Mmbantu Tugas saya niih !
    Salam Sukses.. :)

  21. wida cahyani Says:

    thanks yah udh mempermudah aku bikin makalah :)

  22. sumaily Says:

    salam ukhwah dari malaysia..

  23. sumaily Says:

    minta izin ambil maklumat ya…

  24. surya Says:

    tQ beuh…..

  25. Puput Angraeni Says:

    trims ya,,,
    dach bantu banget buat laporan qu…

    lanjutkan..^^

  26. ario Noomallay Says:

    sbelumnya copy, kenalin diri dulu, aku Ario dr timor Leste.. obrigado (trimakasih) buat tulisannya,. kebetulan jurusanku peternakan d Timor Leste saat ini masih menggunakan bahasa indonesia tapi buku disini susah so jalan terbaik ya internet. skali lagi trimakasih y

  27. ayu arfina Says:

    dapet buat laporan nih…

  28. maya Says:

    thank’s membantu tugas saya nih

  29. indriyani Says:

    assalamu’alaikum …. blh copas yah kak. makasi bgt. sangat membantu. jazakallah khairon katsiron

  30. belin Says:

    makasih yah, sudah membantu PRku.. :D

  31. juna Says:

    sala kenal ya 8)

  32. atika Says:

    fungsi karbohidrat dalm tubuh teh apa ?
    d sini mah ga ada jawaban nya tapi yg bener nya mah pasti ada ?

  33. Devina Moristy Says:

    Thank’s >̴̴̴̴̴͡.̮♥͡ ya udh ngasih tau informasi tentang karbohidrat

  34. nie Says:

    referensinya mana mas, ntar dikira plagiat loo…
    thanks infonya

    • hidayat07 Says:

      maaf ya sebelumnya,, cz postingan ini sy buat untuk kebutuhan tugas sy,, tulisan ini sy copas dari punya orang…
      hehehe….

  35. pda Says:

    MAKASI BANYAK YAA :))))))

  36. nur fatimah Says:

    thx kak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: