Penyakit Wasir dan Penyebabnya

Penyakit wasir, merupakan penyakit umum yang sering diderita oleh orang banyak. Wasir, atau sering disebut ambeien (hemorrhoid) adalah kondisi di mana pembuluh vena di sekeliling anus/ bibir anus (sphinchter ani) yang mengalami pembengkakan dan peradangan (kadang-kadang disertai pendarahan). Apabila sampai terjadi pendarahan, maka harus segera dilakukan pengobatan sesegera mungkin. Karena jika tidak, maka akan bisa lebih parah lagi dan dapat mengakibatkan anemia (karena kekurangan darah akibat dari pendarahan di daerah anus/ bibir anus).

Pembengkakan disebabkan adanya kenaikan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan rektum. Sejalan dengan meningkatnya tekanan, darah berkumpul di pembuluh darah, memicu pembengkakan, akhirnya pembuluh darah yang bengkak itu menyebar ke jaringan di sekitarnya dan terjadilah ambeien.

Ada dua jenis Ambeien atau wasir, jika dilihat dari posisi tubuh :

  1. Ambeien luar (eksternal), memiliki ciri berada diposisi lubang anus atau dubur. Letak Ambeien luar umunya berada di posisis depan dan bukan berada di bagian dalam lubang anus/ dubur.
  2. Ambeien dalam (intrrnal), memiliki letak berada di lubang anus. Amebein dalam umumnya hanya terlihat kecil ketika tumbuh sebagai penyakit dan sulit terlihat. Bila semakin membesar akan keluar terdorong oleh kotoran dan terus saja keluar hingga mulai mengganggu aktifitas si penderita.

Pendarahan ketika buang air besar, gatal serta rasa sakit di daerah anus adalah merupakan gejala umum ambeien. Adapun gejala umum yang terjadi berdasarkan dua jenis ambeien di atas adalah :

Ambeien eksternal : Penderi akan merasakan sakit di daerah anus, sebab darah berkumpul di bawah kulit dan membentuk benjolan keras yang terasa sakit jika disentuh.

Ambeien internal : penderita akan mengalami pendarahan pada anus, yang mungkin disertai bercak darah di toilet setelah buang air besar. Gejala lain ambeien internal adalah gatal, sebab ambeien jenis ini kadang menyerap lendir yang dapat membuat kulit sekitar anus menjadi gatal.

Rasa sakit. Kebanyakan ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika ukurannya besar, bisa menimbulkan rasa sakit apabila ambeien tertekan otot yang mengendalikan anus. Rasa sakit yang amat sangat bisa jadi pertanda berhentinya suplai darah ke ambeien. Perawatan diperlukan untuk hal tersebut.

PENYEBABNYA

Penyakit wasir ini tidak terjadi begitu saja, tentunya ada penyebabnya. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya wasir, antara lain :

  1. Kebiasaan buang air yang tidak teratur.

    Kebiasaan ini, menjadi penyebab utama terjadinya wasir, sebab kotoran di dalam usus akan terus mengeras (yang disebabkan karena penyerapan yang dilakukan oleh diding usus besar) yang tentunya akan susah dalam buang air besar, dan dapat melukai bibir anus. Selain penyakit wasir, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada usus, dan juga akan mengurangi kondisi badan (seperti lemas dan pusing)

  2. Olahraga (angkat beban)

    Olahraga merupakan aktivitas yang membawa dampak positif bagi tubuh, namun apabila terlalu berlebihan dalam olah raga juga tidak baik tubuh, salah satunya adalah olahraga angkat beban, yang memberikan tekanan pada perut

  3. Nutrisi (diet rendah serat)

    Pola makan seperti diet (khususnya diet rendah serat) akan membuat seseorang susah untuk buang air besar, yang dikarenakan oleh feses yang mengeras akibat dari kurangnya asupan serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

  4. Duduk dalam jangka waktu yang lama

    Terlalu lama duduk, akan memberikan beban atau tekanan pada pinggul yang memicu terjadinya pembengkakan pembuluh vena di dalam anus dan menimbulkan benjolan wasir.

  5. Kahamilan

    Janin yang di kandung oleh seorang wanita yang sedang hamil, merupakan sebuah beban yang memberikan sebuah tekanan pada daerah pinggulnya. Apabila janin yang di kandung memiliki bobot yang terbilang berat, maka bukan tidak mungkin wanita tersebut akan menderita wasir, sebab tekanan yang terus menerus (setiap hari) yang diberikan oleh perutnya dapat menimbulkan tonjolan wasir di daerah anusnya akibat dari pembengkakan pembuluh vena di daerah anus.

  6. Persalinan

    Tentunya pada proses persalinan, seorang calon ibu akan mengejan atau melakukan tekanan-tekanan pada bagian pinggulnya, sehingga memicu terjadinya pembengkakan pembuluh vena pada anus yang dapat menimbulkan wasir.

  7. Genetika

    Faktor genetika, merupakan faktor bawaan yang diwariskan oleh orang tua si penderita, namun seseorang yang memiliki genika bawaan penyakit wasir tidak secara langsung akan terkena penyakit wasir/ ambeien, namun apabila orang tersebut melakukan kebiasaan atau penyebab-penyebab di atas, maka dengan cepat orang tersebut akan menderita wasir/ ambeien.

  8. Dan ada pula penyebab lainnya dapat dilihat di obatwasir.biz

3 Responses to “Penyakit Wasir dan Penyebabnya”

  1. aimprof08 Says:

    tumben buat postingan lagi pak dayat :p
    mana ni matematikanya pak🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: