Penipuan berkedok hadiah via sms maupun telfon

Dewasa ini marak terjadi banyak kasus penipuan yang berkedok/ mengiming-imingi hadiah. Dalam tulisan ini saya akan membahas beberapa contoh penipuan melalui via sms maupun telpon. Sebagai contoh, Anda diinfokan bahwa Anda mendapatkan undian di salah satu bank (katakanlah Bank BRI), yaitu undian untung bliung BritAma.
Untuk mengetahui apakah info ini merupakan info yang dapat dipercaya atau tidak itu gampang banget

.
1. Apakah Anda memiliki tabungan BRI BritAma atau tidak?
   Jika tidak, berarti info itu merupakan modus penipuan semata.
   Jika iya, silahkan Anda menanyakan lebih lanjut ke kantor BRI terdekat. Tabnyakan, apakah undian untung bliung BritAma sudah digelar atau belum?, dll.
2. Gampang saja, jika info (sms) yang anda dapatkan berasal dari nomor asing yang tidak Anda kenal, maka itu penipuan. Karena sms pemberitahuan dari bank BRI tidak melalui nomor asing, melainkan dari nomor khusus yang tidak dapat dilihat nomor pengirimnya, dan hanya bertuliskan “Bank BRI”. Seperti halnya sms notifikasi dari Bank BRI.
3. Jangan sekali-kali mengangkat telfon (atau berbicara dengan orang yang tidak Anda ken melalui telfon) di dalam ruangan mesin atm. Sebab Anda akan dipandu (dihipnotis) untuk mentransfer sejumlah uang tertentu ke rekening si pelaku.
   Jadi apabila Anda menemukan orang yang sedang bertransaksi di mesin atm sambil mengangkat telfon, peringatilah. Sebab bisa jadi telfon itu dari si pelaku penipuan. Mari kita saling mengingatkan satu sama lain demi kebaikan bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: