CARA MENDESAIN BANNER

Mendesain banner bisa mempengaruhi anggaran Anda dalam memasang iklan. Anda sudah membayar iklan mahal-mahal ternyata hanya membuang uang saja karena desain banner salah. Ada berbagai pertimbangan yang harus kita perhitungkan agar biaya pemasangan iklan seefektif mungkin.

Yang pertama adalah memperhatikan sistem biaya yang Anda gunakan. Pay per click (PPC) dengan bayar bulanan tentu berbeda. Jika Anda memasang iklan dengan sistem PPC maka banner Anda harus dibuat sespesifik mungkin. Kalau bisa, hanya orang yang berniat membeli produk saja yang mengklik iklan Anda. Jika orang yang iseng mengklik iklan Anda, maka Anda tetap mengeluarkan biaya tanpa penjualan.

Salah satu trik yang banyak digunakan oleh orang saat membuat banner dengan sistem PPC ialah dengan cara mencantumkan harga produk atau jasa kita. Harapannya ialah jika kita mencantumkan harga, artinya hanya orang yang “berani” dengan harga yang kita cantumkan yang mengklik banner kita.

Berbeda jika Anda memasang iklan dengan bayar bulanan. Ada yang klik atau tidak, maka Anda akan tetap membayar. Cara mendesain iklan untuk sistem ini ialah usahakan agar banner Anda diklik sebanyak mungkin. Tidak peduli apakah hanya iseng atau berniat membeli karena tidak berpengaruh pada biaya. Harapannya, orang yang iseng juga akan berubah menjadi pembeli setelah membuka website kita.

Lalu, bagaimana dengan iklan pay per view? Sistemnya mirip dengan sistem bulanan. Alasannya ialah sama, Anda tetap bayar meski banner Anda tidak ada yang klik sama sekali. Buatlah banner yang menarik untuk diklik.

Yang kedua adalah tampilan. Selain mempertimbangkan tujuan pembuatan banner, tentu saja kita juga perlu mendesain banner dengan tampilan yang bagus. Tampilan yang bagus akan mempengaruhi image bisnis kita. Jika banner kita asal-asalan, maka akan terlihat bahwa kita tidak mampu membuat banner bagus atau membayar orang untuk membuat banner.

Animasi atau tidak? Apakah perlu mendesain banner dengan animasi? Animasi akan sangat bagus untuk menarik perhatian dan menyampaikan informasi lebih banyak dengan ukuran banner yang sama. Konsekuensinya ukuran file banner kita menjadi lebih besar. Selama masih dibawah batas maksimum ukuran file, maka Anda boleh membuat animasi untuk banner Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: