pH meter

pH meter adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengukur pH (keasaman atau gaya basa) yang cair (khusus probes meskipun kadang-kadang digunakan untuk mengukur pH of semi-solid zat). J khas terdiri dari pH meter yang khusus mengukur probe (a glass elektroda) terhubung dengan meter elektronik dan langkah-langkah yang menampilkan pH membaca.

Kalibrasi dan menggunakan

Sangat tepat untuk pekerjaan yang pH meter harus calibrated setiap sebelum dan sesudah pengukuran. Biasa digunakan untuk kalibrasi harus dilakukan pada setiap awal bulan. Alasannya adalah bahwa kaca elektroda tidak memberikan digandakan emf lebih lagi periode waktu tertentu.

Kalibrasi harus dilakukan dengan setidaknya dua standar solusi penyangga yang span cakupan nilai-nilai pH yang akan diukur. Untuk tujuan umum di buffer pH 4 dan pH 10 yang dapat diterima. PH meter yang memiliki satu kontrol (memperkaliber) untuk mengatur meter membaca sama dengan nilai standar buffer pertama dan kedua kontrol (slope) yang digunakan untuk menyesuaikan membaca meter dengan nilai kedua penyangga. Ketiga memungkinkan kontrol suhu yang akan ditetapkan. Standar penyangga sachets, yang dapat diperoleh dari berbagai pemasok, biasanya negara bagaimana buffer dengan nilai perubahan suhu.

Proses kalibrasi yang berkorelasi dengan tegangan yang dihasilkan oleh satelit (sekitar 0,06 volts pH per unit) dengan skala pH. Setelah masing-masing satu pengukuran, yang menyelidiki adalah dibilas dengan air distilled atau deionized air untuk membuang semua bekas dari solusi yang diukur, blotted dengan tisu yang bersih untuk menyerap semua sisa air yang dapat mengencerkan sampel sehingga mengubah membaca, dan kemudian dengan cepat yg terbenam solusi lain. Jika tidak digunakan, probe tip yang harus dipelihara basah setiap saat. Hal ini biasanya disimpan yg terbenam dalam sebuah solusi acidic pH sekitar 3.0. Dalam keadaan darurat, acidified keran air dapat digunakan, tetapi distilled atau deionised air tidak boleh digunakan untuk jangka panjang penyelidikan sebagai penyimpanan air yang relatif ionless “sucks” ions dari penyelidikan melalui difusi, yang degrades it.

Kadang-kadang (sekitar sekali sebulan), maka pemeriksaan dapat dibersihkan dengan menggunakan elektroda-pH larutan pembersih; yang umumnya 0,1 M solution of hydrochloric acid (HCl) digunakan , yang memiliki pH sekitar satu.


Jenis-jenis pH meter

pH meter mulai dari yang sederhana dan murah seperti pena-perangkat rumit dan mahal untuk instrumen laboratorium komputer dengan antarmuka dan beberapa masukan untuk indikator (ion-sensitif, redox), referensi electrodes, dan sensor suhu seperti thermoresistors atau thermocouples. Murah model kadang-kadang memerlukan pengukuran suhu yang dapat dimasukkan untuk menyesuaikan untuk sedikit variasi di pH yang disebabkan oleh suhu. Meter probes khusus dan tersedia untuk digunakan dalam aplikasi khusus, lingkungan yang keras, dll Pocket pH meter yang tersedia untuk beberapa hari ini puluhan dollar yang secara otomatis memberikan kompensasi untuk suhu (ATC, Suhu Otomatis Kompensasi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: