PERAN PEMUDA

PERAN PEMUDA DALAM

ISLAM

Membangkitkan semangat juang

“Pemuda ibarat sebuah api yang berkobar, symbol keberanian, symbol kekuatan dan symbol semangat yang membara. Pemuda mempunyai energi yang sangat besar yang apabila digunakan dengan baik dan untuk hal positif akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi dirinya sendiri akan tetapi akan berdampak pada sekitarnya. Tapi apabila potensi besar yang dimiliki pemuda itu disalah gunakan maka akan berdampak sangat besar pula bagi kerusakan disekitarnya. Kita bisa lihat ketika Bung Tomo membakar semangat para pejuang Indonesia hanya dengan kata-kata dan yang paling unik diakhir pidatonya beliau mengucapkan Takbir”

Sebagai generasi penerus

“Pemuda merupakan generasi yang akan meneruskan suatu amanah besar karena itu apabila pemuda saat ini baik maka bisa diproyeksikan kedepannya Negara ini akan baik pula akan tetapi apabila pemuda-pemuda saat ini jahat, pemalas dan manja maka bias dipastikan Negara ini akan hancur dan kacau balau. Karena itu kita sebagai pemuda yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini kita harus mempersiapkan diri-diri kita mulai dari saat ini, seoerti yang dikatakan Umar Bin Khattab persiapkanlah diri kalian sebelum kalian menjadi seorang pemimpin”

Sebagai generasi pengganti

“Selain sebagai generasi penerus pemuda juga sebagai generasi pengganti, pengganti para pemimpin yang yang tidak becus mengurus Negara ini. Kondisi saat ini merupakan output dari pemuda masa lalu dan pemuda saat ini sebagai output bagi masa depan. Kita bisa lihat pemuda dizaman Rasulullah SAW mempunyai keimanan yang tak tergoyahkan, prestasi-prestasi yang sangat luar biasa yang berhasil dicetak oleh mereka harus menjadi contoh bagi kita agar bisa menjadi pemuda yang berprestasi. Seperti contoh Usamah Bin Zaid r.a diangkat menjadi panglima perang diusianya yang sangat muda yaitu kurang lebih 18 tahun”

Pembaharu moral umat

“TG Bajang diusianya yang sangat muda bisa menjadi gubernur, bahkan menjadi gubernur termuda di Indonesia, dan pada saat kepemimpinannya banyak sekali perubahan yang terjadi, misalnya seperti di kantor gubernur yang dulunya banyak sekali gambar-gambar porno kemudian langsung dihapus oleh beliau”

Unsur perbaikan

“Pemuda yang Hanif bisa membawa pengaruh kepada lingkungannya dalam hal kebaikan, begitu juga dengan tugas kita sebagai pemuda harus bisa menjadi pelopor atau agen of change yaitu sebagai agen perubahan”

Pendidikan islam

“Pendidikan Islam merupakan sarana bagi pemuda dalam rangka menjadi agent of change, karena pemuda mempunyai energi yang bisa mempengaruhi orang lain”

Membantuk pribadi-pribadi pemimpin

“Pemuda dalam sejarahnya selalu menjadi pemimpin-pemimpin yang bisa membawa perubahan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: