Pencernaan dan Metabolisme Karbohidrat

Tujuan akhir pencernaan dan absorpsi karbohidrat adalah mengubah karbohidrat menjadi ikatan-ikatan lebih kecil, terutama berupa glukosa dan fruktosa, sehingga dapat diserap oleh pembulu darah melalui dinding usus halus. Pencernaan karbohidrat kompleks dimulai di mulut dan berakhir di usus halus.

Pencernaan karbohidrat :

  • Mulut

Pencernaan karbohidrat dimulai di mulut. Bola makanan yang diperoleh setelah makanan dikunyah bercampurn dengan ludah yang mengandung enzim amilase (sebelumnya dikenal sebagai ptialin). Amilase  menghidrolisis pati atau amilum menjadi bentuk karbohidrat lebih sederhana, yaitu dekstrin. Bila berada di mulut cukup lama, sebagian diubah menjadi disakarida maltosa. Enzim amilase ludah bekerja paling baik pada pH ludah yang bersifat netral. Bolus yang ditelan masuk ke dalam lambung.

  • Usus Halus

Pencernaan karbohidrat dilakukan oleh enzim-enzim disakarida yang dikeluarkan olej sel-sel mukosa usus halus bnerupa maltase, sukrase, dan laktase. Hidrolisis disakarida oleh enzim-enzim ini terjadi di dalam mikrovili dan monosakarida yang dihasilkan adalah sebagai berikut :

Maltase

Maltosa                                    2 mol glukosa

Sukrase

Sakarosa                                  1 mol glukosa + 1 mol fruktosa

Laktase

Laktosa                                    1 mol glukosa + 1 mol galaktosa

Monosakarida glukosa, fruktosa, dan galaktosa kemudian diabsorpsi melalui sel epitel usus halus dan diangkut oleh sistem sirkulasi darah melalui vena porta. Bila konsentrasi monosakarida di dalam usus halus atau pada mukosa sel cukup tinggi, absorpsi dilakukan secara pasif atau fasilitatif. Tapi, bila konsentrasi turun, absorpsi dilakukan secara aktif melawan gradien konsentrasi dengan menggunakan energi dari ATP dan ion natrium.

  • Usus Besar

Dalam waktu 1-4 jam setelah selesai makan, pati nonkarbohidrat atau serat makanan dan sebagian kecil pati yang tidak dicernakan masuk ke dalam usus besar. Sisa-sisa pencernaan ini merupakan substrat potensial untuk difermentasi oleh mikroorganisma di dalam usus besar. Substrat potensial lain yang difermentasi adalah fruktosa, sorbitol, dan monomer lain yang susah dicernakan, laktosa pada mereka yang kekurangan laktase, serta rafinosa, stakiosa, verbaskosa, dan fruktan.

Produk utama fermentasi karbohidrat di dalam usus besar adalah karbondioksida, hidrogen, metan dan asam-asam lemak rantai pendek yang mudah menguap, seperti asam asetat, asam propionat dan asam butirat.

Sekilas Metabolisme Karbohidrat

Peranan utama karbohidrat di dalam tubuh adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel tubuh, yangkemudian diubah menjadi energi. Glukosa memegang peranan sentral dalam metabolisme karbohidrat. Jaringan tertentu hanya memperoleh energi dari karbohidrat seperti sel darah merah serta sebagian besar otak dan sistem saraf.

Glukosa yang diserap dari pencernaan makanan di usus dibawa darah menuju ke seluruh sel tubuh. Dalam sitoplasma glukosa akan mengalami GLIKOLISIS yaitu peristiwa pemecahan gula hingga menjadi energi (ATP). Ada dua jalur glikolisis yaitu jalur biasa untuk aktivitas/kegiatan hidup yang biasa (normal) dengan hasil ATP terbatas, dan glikolisis jalur cepat yang dikenal dengan jalur EMBDEN MEYER-HOFF untuk menyediakan ATP cepat pada aktivitas/kegiatan kerja keras, misalnya lari cepat. Jalur cepat ini memberi hasil asam laktat yang bila terus bertambah dapat menyebabkan terjadinya ASIDOSIS LAKTAT . Asidosis ini dapat berakibat fatal terutama bagi orang yang tidak terbiasa (terlatih) beraktivitas keras. Hasil oksidasi glukosa melalui glikolisis akan dilanjutkan dalam SIKLUS KREB yang terjadi di bagian matriks mitokondria. Selanjutnya hasil siklus Kreb akan digunakan dalam SYSTEM COUPLE (FOSFORILASI OKSIDATIF) dengan menggunakan sitokrom dan berakhir dengan pemanfaatan Oksigen sebagai penangkap ion H. Kejadian tubuh kemasukan racun menyebabkan system sitokrom di-blokir oleh senyawa racun sehingga reaksi REDUKSI-OKSIDASI dalam system couple, terutama oleh Oksigen, tidak dapat berjalan.  Selanjutnya disarankan membaca materi biokimia enzim, oksidasi biologi, dan glukoneogenesis pada situs ini juga.

About these ads

44 Responses to “Pencernaan dan Metabolisme Karbohidrat”

  1. rossi Says:

    ehm…
    mo tanya neeeh…..
    kenapa yagh kalo dalam 1 keranjang apel,ada 1 apel yang busuk maka laennya juga ikud busuk?
    mksi

  2. dhira Says:

    Saya dhira dari universitas negeri medan, ingin jadi teman kamu……

  3. camelia Says:

    hei,,,,,tugasku bisa selesai karena ada blog ini.;..tolong donk tentang ,,,,,,tranduksi signal sel

  4. camelia Says:

    senang deh ada hidayat

  5. nhu uchuld thea.! Says:

    huhuhu…makachi nie eaa???
    qu kbntu nuangeD..
    sukron.!!

  6. admentari Says:

    wahh,, hebat nya…

  7. Adhy Says:

    Thanks Too Much for your information…
    Very nice…
    Visit My Blog…

  8. marta dinata Says:

    hormon2 apa sj yg berperan dlm mengatur metabolisme karbohidrat???
    bagaimana peran dr hormon ini???
    selain hormon ada tidak yg berperan??bagaimana kerjanya??
    jazaklh jawabannya

  9. hidayat07 Says:

    maaf sy hanya bisa membantu sampai sini..
    karena itu bukan bidang saya..

  10. Emily Says:

    Mksh bgt ya blog km sgt sgt membantu tgas saia :)

    • hidayat07 Says:

      trima kasih juga atas komentar saudara/i sekalian…
      Saya juga senang bisa membatu,,

      saya harapkan ada saran/kritik dari saudar/i yang membangun,, supaya saya bisa menampilkan blog ini menjadi lebih baik/bagus lagi..

  11. dr,dzyrin Says:

    makasi,bt semua tgs ku juga terbantuuu dgn adanya blog ini…!!

  12. KeyHae is Mine Says:

    thank u…
    its really usefull for my basic nutrition assignment.

  13. honeyfha Says:

    makai info nya :D

  14. rabiatul rathu Says:

    hebat dech. . ! anw, km ad fb gak? ?

  15. kurnia FieDieSs Says:

    thanks ya bloknya,,,
    kalo bisa dikembangin lagi dech ke pengetahuan yg laennya, , ,

  16. powerful reminder Says:

    assalamu’alaikum
    saya mau nanya,,kenapa orang yang gemukitu,,, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah, sementara dalam buah terkandung gula, atau fruktosa,, dimana jka Qta mgkonsumsi banyak gula,dan dalam tubuh kita kelebihan gula,akan terdapat glikogen,,dan glikogen akan menjadilemak ???? maf jika pertanaan saya kurang jelas kata katanya tapi moga difahami!!!!

  17. yuwol ssi Says:

    ngebantu tgas ilmu gizi q…. makasih blog nya…

  18. uchamkresekresek Theretak Says:

    karaku.

  19. nadyashawolelf Says:

    Hai slam knal,, aq bru nemu blog ini, aq mw nanya nih, tau gk no.registrasi enzim sukrase,kelasx,sub kelas,kofaktor atw koenzim,sma penemux gk ? Aq dh bongkar” google,tp gk dpt, please help me…

  20. sherren Says:

    mo nanya apa perbedaan dan persamaan dari metabolisme dan pencernaan???

  21. tazkiyayas Says:

    mkasih ya :)
    berguna buat tugas nih :)

  22. Rhyna YanaPramita Arsyad Says:

    hufff… g tau ap pengertian Glikogenolisis, Glikogenesis,Glukogenesi….
    aduh ad yg tau g … TOLONG DI BANTU :(

  23. roger Says:

    Kalo buat orang kurus lebih baik banyakin makan nasi ato daging ato buah…. gimana ya caranya biar ak g kurusan lagi??? Soalnya kalo teori tentang banyak pikiran ak masi bingung sampe sekarang soalnya kalo sekolah & belajar kan memang harus berpikir … gitu???

  24. Helke Says:

    Makasi ka udah bagi” ilmunya :D

  25. kimo skera Says:

    makasi ya gue dapat ilmu nutrisinya

  26. shinta Says:

    makasih ya kaka your blog have helped me o:)

  27. done right roofing massachusetts Says:

    Good of you to get us through this. Great work. recycled commercial flooring

  28. hidayat07 Says:

    terima kasih semuanya,, atas komentarnya,,
    sekalian tolong di like juga ya…

  29. Ulfah amie Says:

    Apa saja hasil digesti karbohidrat?

  30. Rama Putra Says:

    Mau tanya nih…
    tentang metabolisme karbohidrat :
    yang tentang anusnya gimana???
    sama cara pencernaanya secara kimiawi maupun secara kinetik
    di sertain juga ya…. =D

    Catatan = Tolong di balas secepatnya…untuk tugas sekolah :/ :/ :/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: