Apakah Allah Menjamin Umat Islam Masuk Surga?

Apakah Allah Menjamin Umat Islam Masuk Surga?

Assalamu”alaikum wr. wb.

Saya mempunyai seorang teman yang beragama Kristen Advent, dia selalu menanyakan tentang jaminan oleh Allah bahwa umat Islam itu dijamin masuk surga nantinya? Saya minta tolong untuk dijelaskan terdapat di dalam dalam surat mana dan ayat mana. Demikian, saya harap untuk dijawab secepatnya.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Adityo

Jawaban:

Assalamu ‘alaikum warahmatulahi wabarakatuh,

Dalam aqidah ahlussunnah wal jamaah, setiap Muslim memang dipastikan pada akhirnya akan masuk surga. Namun tidak ada yang menjamin bisa lolos begitu saja langsung tanpa lewat neraka. Tergantung dari dosa dan berat timbangan amal baik dan buruk, setelah dihisab.

Sebaliknya, orang kafir (non muslim) sudah dipastikan masuk neraka. Meski punya banyak perbuatan yang terbilang baik di mata manusia. Tapi sayang di mata Allah justru dia merupakan penentang utama. Allah SWT mengutus nabi dan rasul, dia malah mengingkarinya. Allah menurunkan kitab suci, dia malah membuangnya. Apalah artinya baik di mata manusia tapi kufur di mata Allah?

Jaminan buat orang Islam untuk masuk surga banyak didapat keterangannya pada sabda-sabda Rasulullah SAW. Misalnya hadits berikut ini:

‏ ‏أبي هريرة ‏ ‏أن رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏قال:‏ كل أمتي يدخلون الجنة إلا من أبى قالوا يا رسول الله ومن يأبى قال من أطاعني دخل الجنة ومن عصاني فقد أبى”رواه البخاري

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Shahabat bertanya, “Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?” Beliau menjawab, “Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga.” (HR Bukhar)

Selain itu juga ada hadits Rasulullah SAW lainnya yang menyebutkan hal itu.

Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata, “Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka.” (HR Bukhari 6560 dan Muslim 184)

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman). (HR Bukhari 44 dan Muslim 193)

Ada juga hadits yang isinya merupakan sumpah Allah SWT bahwa orang yang mengucapkan syahadatain itu akan dikeluarkan dari neraka.

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, “Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah). (HR Bukhari)

Semua hadits di atas dan masih banyak lagi hadits di atas memang memberikan jamiman bahwa orang yang telah pernah mengucapkan syahadatain itu pastilah dikeluarkan dari neraka dan masuk ke dalam surga.

Hanya saja masalahnya, tidak ada jaminan bahwa sebelum masuk ke surga itu apakah akan mampir ke neraka dulu atau tidak. Yang kedua, tentu saja yang dimaksud dengan mengucapkan dua kalimat syahadat itu adalah ikrar yang datang dari lubuk hati, bukan sedekar asal bunyi tapi tanpa rasa percaya.

Wallahu a’lam bishshawab wassalamu ‘alaikum warahmatulahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

untuk lebi lengkapnya, silahkan kunjungi www.eramuslim.com

About these ads

9 Responses to “Apakah Allah Menjamin Umat Islam Masuk Surga?”

  1. fikih Says:

    itukan dasar hadits? kalau dasar AQ nya di surat berapa ayat berapa ya? karena saya sempat mencari cari tentang pertanyaan di atas tapi tidak ada firman Allah yang menjamin orang islam pasti masuk syurga. yang ada, masuk neraka itu kekal, juga syrga (kekal) yang berarti jika orang sudah masuk neraka, ya tidak akan masuk surga, termasuk orang islam. coba lihat surat 2/80-82.

  2. helsi Says:

    Balik lagi ALLAH SWT mempunyai segala – galanya jadi apa yang Dia kehendaki pasti terpenuhi termasuk umatnya yang bergelimpangan di neraka…

  3. leo Says:

    Wa`alaikum salam bung, ” lakum dinikum waliadin ” perkuat imanmu…dan yakinlah bahwa kita merupakan agama yang benar ” innadinna indallohil islam ” surga dan neraka termasuk rahasia illahi. yakinilah agama mu. niscaya alloh akan menunjukan jalan mu.
    untuk teman kamu yang non muslim ??? biarkan kitab dia yang berbicara. karena memperdebatkan agama tidak ubahnya bagaikan mengurai benang kusut. carilah sesuatu yang bermanfaat , ketimbang berdebat tak ada ujung pangkalnya. Sesungguhnya alloh maha mengetahui apa yang kita perbuat.

  4. surianita Says:

    “…Logikanya begini ”keyekinan amatlah kental,jadi percayalah apa yg kita yakini, islam sudahlah pasti masuk surga,karena islam adalah agama keselamatan”…tapi tak bisa di pungkiri,di timbang dulu amal perbuatan masing masing,yg banyak dosa di hisab dulu di neraka setelah habis dosanya…barui bisa menikmati surga yg penuh kenikmatan”..tp perlu di ketahui 1 jam lamanya di akherat sama dengan 70.000 bulan,..(..koreksi sobat kalau salah….heheh)….jadi sangat ngeri kalau seumur hidup kita berbuat dosa…..tapi semua kembali ke diri kita masing masing..ALLAHUUALLAAMM…………

    • Hidayat07 Says:

      Sy setuju saudari,,
      jdi org2 yg msuk syurga tu harus sesui dengan definisi penghuni syurga,,
      bukan berarti seorang muslim/ah langsung masuk syurga tanpa hisab..

      Terima kasih sebelumnya telah memberikan komentar,, dan meluangkan waktu Anda untuk mengunjungi blog sy

  5. Muallaf qulubuhum Says:

    Kalau alesan masuk Islam hanya karna Ingin ada jaminan masuk syurga lebih baik buang saja niat masuk islam, Bearti Keraguan akan islam masih ada..

  6. Muallaf qulubuhum Says:

    Islam tidak menjamin, yg menjamin itu adalah ke imanan seseorang terhadap apa yg di yakini nya.

  7. Gio Says:

    maaf sebelum.y sya menyangkal,
    sya ini agama islam..
    tpi sya ingin bertanya kembali lgi,
    jika allah hanya memasukkan org” islam ke surga dan tdk untuk non muslim..
    mengapa allah menciptakan agama lain? maaf sebelum.y ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: